Cara Melatih Bicara Anak Usia 3 Tahun

Agar anak dapat berkomunikasi dengan baik, kemampuan anak untuk berbicara harus diasah sejak ia masih kecil. Cara umum yang biasa digunakan oleh para orang tua agar buah hatinya fasih berbicara adalah dengan mengajaknya untuk berbincang-bincang. Jika diperhatikan dengan baik, ada beberapa cara yang dapat diterapkan oleh orang tua untuk melatih anaknya berbicara. Apalagi jika anak tersebut telah berusia 3 tahun, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Salah satu cara melatih anak usia 3 tahun agar berbicara adalah dengan membacakan sebuah cerita. Kita dapat memilih cerita sederhana dan dilengkapi dengan banyak gambar. Tidak hanya dapat melatih anak berbicara, membacakan cerita dapat merangsang kesukaan anak terhadap buku.

Melatih berbicara anak yang berusia 3 tahun dapat pula dilakukan dengan cara mengarang cerita bersama dengan anak. Kita dapat mengarang cerita dengan menghadirkan tokoh, petualangan dan konflik yang menarik. Ketertarikan anak akan suatu cerita akan mendorong mereka untuk berbicara. Semakin banyak kesempatan anak berbicara, semakin fasih perkataan yang dilontarkannya. Kita dapat pula mengajukan beberapa pertanyaan selama pelatihan berbicara anak. Kita dapat menunjuk beberapa benda dan meminta kepada anak berusia 3 tahun untuk mendeskripsikan benda yang telah kita tunjuk. Guna meningkat kesempatan untuk bertanya kepada anak, kita dapat membawanya ke tempat-tempat yang dilengkapi dengan objek menarik, seperti museum dan kebun binatang.

Kita dapat pula melatih anak usia 3 tahun untuk berbicara dengan cara memperbaiki perkataan yang diucapkan oleh anak. Kita harus memastikan bahwa perkataan yang diucapkan oleh anak merupakan kata-kata yang tepat. Mengoreksi kata salah dapat membantu anak agar dapat mengucapkan kata dengan benar. Minta anak untuk mengikuti ucapan yang kita lontarkan melalui pergerakan mulut. Pilihan cara melatih anak usia 3 tahun untuk berbicara adalah dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk bersosialisasi. Cara ini membuat anak dapat mengingat ucapan anak-anak sebayanya dan menirukan kaya yang didengarnya. Tanpa bersosialisasi dengan orang lain, melatih anak berbicara merupakan hal yang sulit.