Cara Melihat Alamat IP Laptop Dengan Mudah Dan Cepat

Internet prototocol atau disingkat dengan IP ini adalah suatu alamat yang terdapat pada perangkat elektronik. IP ini terdiri dari angka biner antara 32 bit sampai 128 bit. Panjang dari angka ini adalah 32 bit untuk IP versi 4 dan 128 bit untuk IP versi 6. Angka tersebutlah yang menunjukkan alamat dari perangkat elektronik pada jaringan internet berbasis TCP/IP.

Jadi, IP ini digunakan untuk mengidentifikasi alamat untuk tiap perangkat elektronikĀ  yang terhubung ke jaringan internet. Di sini Best AREight akan membahas mengenai ip yang ada pada laptop. Masing-masing laptop memiliki IP yang berbeda.Jadi, didalam 1 laptop hanya terdiri dari 1alamat IP saja.

Fungsi lainnya dari IP ialah untuk melacak keberadaan perangkat dan sebagai jejak para pengguna jaringan internet. Tidak semua orang mengetahui bagaimana cara melihat alamat IP ini. Jika Anda ingin mengetahui alamat IP pada laptop Anda, Best AREight akan memberikan beberapa cara melihat ip laptop kepada Anda. Berikut adalah cara-caranya

  • Melihat IP melalui command prompt

Proses pengecekan alamat IP laptop dengan command prompt ini terbilang mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa tahapan. Langkah pertama yaitu Anda harus membuka laman command prompt. Terdapat 2 cara untuk membuka laman command prompt. Cara pertama yaitu dengan menekan tombol windows dan R secara bersamaan.

Sedangkan cara kedua yaitu dengan membuka start menu kemudian ketikkan run. Apabila jendela run sudah muncul, maka ketik cmd pada bagian kolom yang tersedia untuk menampilkan jendela command prompt. Kemudian klik OK. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu memasukkan perintah ipconfig.

Setelah Anda klik OK pada jendela run, tunggulah hingga jendela command prompt muncul. Jika jendela command prompt sudah muncul, maka ketiklah ipconfig lalu tekan enter. Selanjutnya command prompt akan menampilkan alamat IP laptop Anda. pada laman ini, tidak hanya akan menampilkan alamat IP, namun juga beberapa informasi penting lainnya.

  • Melihat IP melalui website

Apabila Anda ingin mengecek alamat IP laptop Anda melalui sebuah website, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu pastikan laptop Anda terhungun dengan koneksi internet. Ada beberapa website yang dapat Anda gunakan untuk melihat alamat IP. Seperti http:/whatismyipaddress.com.Anda juga bisa membuka http:/ipaddress.

  • Melihat IP melalui control panel

Untuk melihat alamat IP melalui control panel, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka control panel. Anda bisa membuka jendel control panel melalui start menu. Kemudian cari control panel melalui fitur pencarian. Langkah selanjutnya yaitu membuka pengaturan nerwork dan internet.

Disana Anda akan menemukan menu network and sharing center. Kemudian klik sub menu view network anda status and tasks. Setelah itu akan muncul tampilan jenis jaringan yang terhubung menggunakan kabel lan atau wifi. Kemudian Anda pilih jenis profil koneksi yang sedang terhubung dengan laptop Anda.

Setelah Anda memilih profil koneksi tersebut, klik kanan pada profil koneksi yang telah Anda pilih.Kemudian pilih opsi status. Terakhir akan muncul jendela yang berisi tentang alamat IP laptop Anda. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap seperti default gateway, dan lain-lain, Anda bisa mengklik tombol details.

  • Melihat IP melalui network and internet settings

Untuk melihat IP melalui network and internet settings, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka pengaturan wifi. Anda bisa membuka pengaturan wifi dengan mengklik ikon wifi di pojok kanan bawah tollbar. Langkah selanjutnya yaitu membuka properties wifi.Anda dapat menemukan alamat ip laptop Anda pada jendela tersebut.

  • Melihat IP melalui locallhost

Locallhost ini meruoakan sebuah layanan yang disediakan oleh web pihak ketiga. Proses untuk melihat alamat IP melalui situs ini juga terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi web tersebut. Kemudian secara otomatis informasi mengenai alamat IP pada laptop Anda akan langsung terlihat pada situs ini.

  • Melihat IP melalui router settings

Untuk melihat IP melalui router settings, langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu membuka halaman konfigurasi reouter. Kemudian buka router status, internet atau wan page. Apabila Anda sudak membuka lama tersebut, maka akan muncul internet port atau internet ip address. Kemudian Anda dapat melihat alamat IP laptop Anda.

Demikian informasi mengenai cara melihat alamat ip laptop yang bisa Anda ketahui dan Anda coba. Beberapa pengguna perangkat elektronik mungkin tidak merasa perlu mengetahui alamat IP.Namun, beberapa lainnya perlu untuk mengetahui alamat IP tersebut untuk berbagai keperluan. Mungkin salah satu diantaranya adalah Anda.

Dengan adanya alamat IP pada laptop, Anda dapat memulai koneksi baik dengan koneksi IP maupun sharing network dengan alamat IP. Selanjutnya Anda dapat melakukan praktek sendiri dengan mencoba mengecek alamat IP laptop Anda sendiri.