Cara Membuat Bubur Susu untuk Bayi

Saat memasuki usia 6 bulan pertama, maka sudah diperbolehkan untuk makan. Akan tetapi makanan yang diberikan tentunya bukankah sembarang makanan. Anda sebagai orang tua harus memperhatikan makanan yang diberikan kepada bayi. Salah satu makanan yang seringkali diberikan pada bayi untuk 6 bulan pertama yaitu bubur susu.

Cara membuat bubur susu sangatlah mudah, sehingga banyak para orang tua yang memilih menu ini untuk MPASI si kecil. Selain proses pembuatannya yang mudah, ternyata MPASI ini juga mempunyai nilai gizi yang tinggi. Bubur susu mempunyai tekstur yang sangat lembut dan rasanya yang sangat ringan, sehingga sangat tepat dijadikan sebagai menu makanan pertama untuk si kecil.

Cara Membuat Bubur Susu untuk Bayi

Pixabay.com

Memang ada banyak sekali bubur organik dan bubur susu bayi yang dijual di pasaran dalam bentuk kemasan. Akan tetapi tidak lengkap rasanya apabila Anda tidak mengolahnya sendiri di rumah. Untuk langkah pembuatan bubur susu untuk MPASI bayi bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

  1. Aturan Makan

Sebelum membuat, Anda harus mengetahui dulu bagaimana aturan makan si kecil terlebih dahulu. Di Awal pemberian makanan dapat mengusahakan memberikan satu kali dalam sehari. Selanjutnya dapat memberikannya secara bertahap, yaitu menjadi dua kali dalam sehari. Selalu usahakan supaya memberikan satu jenis makanan saja dalam 3 hari.

Cara ini bertujuan supaya bisa mengetahui apakah bayi cocok terhadap makanan yang diberikan tersebut atau tidak. Setelah 2 minggu maka dapat mencoba memberikan variasi makanan yang lain agar bayi juga tidak merasa bosan.

  1. Bahan-Bahan yang Perlu dipersiapkan

Untuk bahan-bahan yang dipersiapkan cukuplah sederhana, sehingga tidak akan membuat orang tua merasa ribet ketika ingin membuatnya. Bahan-bahan yang perlu di persiapkan yaitu berupa 2 sendok makan susu formula atau susu ASI, 2 sendok makan tepung beras dan 100 mili air.

  1. Langkah Pembuatan

Untuk langkah pembuatannya harus diperhatikan dengan baik, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas bubur susu yang Anda buat. Selain itu menciptakan rasa yang enak akan menjadikan bayi lebih tertarik untuk mengkonsumsi bubur susu yang Anda buat. Berikut ini langkah pembuatannya:

  • Silahkan larutkan tepung beras menggunakan air matang.
  • Kemudian aduk hingga tercampur merata.
  • Setelah itu panaskan pada api yang sedang sambil diaduk dan tunggulah hingga matang dan mengental.
  • Biasanya teksturnya akan meletup-letup.
  • Apabila bubur sudah matang maka dapat menambahkan susu formula atau tambahkan ASI dan aduk sebentar.
  • Kemudian angkat dan aduk supaya panas bubur susu berkurang.
  • Ketika bubur masih hangat Anda dapat memberikan kepada bayi. Namun pastikan bahwa bubur tidak terlalu panas agar tidak melukai lidah si kecil.

Mengapa Harus Bubur Susu Pada MPASI Pertama?

Pixabay.com

Saat memberikan MPASI untuk pertama kalinya maka harus dalam bentuk lembut dan cair terlebih dahulu. Sehingga bubur susu menjadi salah satu menu mpasi yang paling banyak dipilih para orangtuanya untuk si kecil. Saat pertama kali mengkonsumsi makanan, maka lidah bayi dan mulutnya belum bisa mengendalikan secara penuh. Sehingga seringkali mendorong keluar makanan yang masuk pada mulutnya.

Sebab itulah makanan yang diperkenalkan pertama kalinya harus berbentuk cairan. Bahan utama dalam pembuatan bubur susu yaitu susu formula atau ASI yang ditambahkan dengan bahan padat sebagai makanan pokok yang mengandung karbohidrat. Misalnya seperti tepung beras, ubi, pisang, jagung, maizena, atau tepung beras.

Dalam pemberian karbohidrat haruslah bertahap dan sebaiknya Anda tidak memaksakan si kecil untuk memakan apa yang sudah disiapkan. Untuk tahap pertama mungkin bayi hanya membutuhkan satu atau dua sendok makan saja. Setelah itu akan bertahap dengan bertambah sesuai meningkatnya kemampuan bayi untuk bisa menikmati makanan.

Sebagai orang tua pastinya harus lebih cermat dalam menentukan pilihan makanan pertama. Untuk itu memperkenalkan bubur susu menjadi solusi yang terbaik karena bubur susu tidak mempunyai kandungan gluten. Selain cara membuat bubur susu, ibu juga bisa memperkenalkan makanan lain seperti kentang, wortel, brokoli, kembang kol, pepaya, alpukat, apel, pisang, pir, atau yang lainnya.

Sebagian orang tua memang tidak bisa membedakan antara bubur susu dengan puree. Padahal keduanya tidaklah sama. Untuk puree itu sendiri mempunyai kelembutan yang hampir sama dengan bubur susu. Akan tetapi puree terkadang tidak mempunyai kandungan berupa susu atau proses pembuatannya hanya menghaluskan 1 ataupun lebih sayuran buah-buahan saja. Bisa juga dengan penambahan susu.

Sementara untuk bubur susu pada biasanya terbuat dari puree sayur dan buah yang ditambahkan dengan susu. Untuk memperkenalkan makanan pertama kali bagi bayi yang sudah berusia 6 bulan, bubur susu memang menjadi makanan yang paling aman karena teksturnya yang lembut, namun mempunyai kandungan gizi yang sempurna.

Ternyata bubur susu yang diberikan kepada si kecil mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk anak. Supaya si kecil tidak merasa bosan maka Anda dapat menambahkan Asi perah maupun sari buah supaya dapat memperkaya nutrisi yang ada pada kandungan bubur susu.

Sebaiknya Anda menghindari pemberian kacang-kacangan yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan si kecil dapat menimbulkan pertumbuhan gas di perutnya yang secara berlebihan. Untuk bayi yang berusia di bawah 1 tahun memang belum disarankan untuk mengkonsumsi madu. Namun jika anak sudah memasuki usia 1 tahun maka boleh diberikan madu.