Cara Menggunakan Google Adwords Untuk Pemula

Apa yang dimaksud Google Adwords? Bagaimana cara menggunakan Google Google Adwords secara efektif? Artikel ini akan menjelaskan semua pertanyaan di atas dan memberi Anda beberapa tips dasar untuk menjalankan iklan Google untuk pemula.

Pada saat teknologi telah berkembang pesat, hanya menggunakan pemasaran tradisional tidak cukup, sehingga setiap bisnis harus melakukan penjualan secara online. Namun, Anda harus bersaing dengan pebisnis lainnya di halaman pencarian mesin pencari. Jadi, bagaimana cara agar menempati posisi pertama di hasil pencarian mesin pencari google dengan anggaran terbatas, sementara untuk belajar dan menerapkan teknik SEO membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan sampai bertahun-tahun?

Inilah saatnya Anda harus menggunakan iklan Google AdWords, untuk mempromosikan bisnis Anda di halaman pencarian google dan menempatkan website bisnis Anda di halaman pertama.

Apa yang dimaksud Google Adwords?

Google AdWords atau Google Ads adalah layanan iklan yang dimiliki Google. Yang disini Anda harus membayar Google untuk menampilkan iklan Anda di daftar pencarian Google tanpa harus menggunakan teknik SEO. Iklan Anda akan secara otomatis ditampilkan di bagian atas atau bawah halaman hasil pencarian (SERP).

Menjalankan iklan Google Adwords adalah bentuk promosi populer yang dipilih banyak perusahaan untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat. Namun, bagaimana cara menggunakan Google Google Adwords secara efektif untuk pemula?

Cara Menggunakan Google Google Adwords Secara Efektif

Artikel ini akan memandu Anda cara menggunakan Google Adwords secara efektif  dengan memberi Anda informasi dasar lengkap serta tips untuk membuat iklan yang paling efektif.

Karena Adwords adalah layanan Google, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun Gmail.

Anda juga dapat menggunakan akun Gmail yang sudah ada, tetapi akun ini harus merupakan akun yang belum pernah menjalankan iklan Google Adwords sebelumnya.

Untuk membuat Gmail baru, kunjungi tautan: https://accounts.google.com/signup

Cara Mendaftar akun gmail baru

Sekarang Anda hanya perlu mengisi semua informasi seperti pada formulir pendaftaran:

Informasi dasar untuk membuat akun gmail

  1.   Nama Lengkap Anda
  2.   Nama Email Anda
  3.   Kata Sandi atau password

Perhatikan  kata sandi terdiri dari sedikitnya 8 karakter termasuk huruf dan angka. Contoh: Rahasia987

Setelah menyelesaikan form pendaftaran, klik Berikutnya untuk membuat akun. Silahkan isi semua informasi seperti yang ditunjukkan pada halaman berikutnya dan dapat lewati ke Nomor telepon dan Email pemulihan. Setelah menyelesaikan informasi, klik tombol Berikutnya lagi.

Akan muncul aturan Google, Anda dapat membaca semuanya untuk memahami aturan yang berlaku, atau jika Anda tidak ingin membacanya karena terlalu panjang, klik “Saya setuju” tanpa harus membaca.

Jadi, Anda telah membuat akun Google untuk mulai menjalankan iklan Google Adwords – Google Ads.

Cara Membuat Akun Google Adwords:

Selanjutnya Anda mengunjungi situs web: https://ads.google.com

Setelah masuk, Anda akan menemukan langkah-langkah berikut untuk mulai membuat kampanye Iklan Google AdWords pertama Anda.

Petunjuk untuk membuat kampanye Periklanan Google Adwords – Google Ads:

Setelah Anda memiliki akun gmail dan masuk ke situs web periklanan, saya akan menunjukkan cara membuat kampanye iklan Google Adwords.

Pada langkah-langkah selanjutnya Anda harus memilih anggaran Anda, audiens target Anda, menetapkan tawaran Anda, dan menulis konten Anda sendiri untuk iklan.

Langkah 1: Tetapkan anggaran untuk iklan Google Adwords:

Menetapkan anggaran berarti menentukan jumlah uang yang akan Anda habiskan setiap hari untuk menjalankan iklan Anda. Mungkin ini adalah langkah terpenting dalam kampanye. Menentukan anggaran Anda akan membantu Anda tidak pernah menghabiskan lebih dari jumlah yang ditentukan dalam sehari. Untuk menentukan anggaran terbaik, Anda harus memperkirakan, atau memahami jumlah pengunjung ke halaman arahan Anda yang  dikonversi ke pelanggan Anda setiap hari.

Langkah 2: Pilih audiens target untuk iklan Google Ads:

Pada langkah ini Anda akan memilih lokasi audiens target yang ingin Anda targetkan.Ini membantu iklan Anda hanya akan tampil di posisi yang telah Anda terapkan.

Selanjutnya, menggunakan pencarian lanjutan, Anda dapat mengakses “penargetan radius”.

Langkah 3: Pilih jaringan iklan:

Pada langkah ini, Anda akan memilih tempat iklan akan ditampilkan. Ada 2 jaringan untuk dipilih: Jaringan Penelusuran dan Jaringan Display Google. “Jaringan Pencarian” berarti menempatkan iklan Anda di SERP. Adapun “Jaringan Display” akan menempatkan iklan, itu akan menempatkan iklan Anda di situs apa pun yang dapat ditampilkan.

Langkah 4: Pilih kata kunci yang menjalankan iklan Google

Kata kunci di sini adalah kata kunci yang akan dimasukkan pengguna dan prospek Anda ke bilah pencarian di Google. Google memungkinkan Anda untuk memilih antara 15 dan 20 kata kunci sehingga iklan Anda muncul di SERP, dan Anda dapat menambahkan atau memodifikasi kata kunci ini nanti.

Langkah 5: Tetakan tawaran untuk iklan Anda

Anda harus selalu ingat bahwa AdWords menggunakan model penawaran. Jumlah tawaran di sini adalah jumlah yang diterima untuk dibayarkan ketika orang itu mengklik iklan. Ketika Anda dan pesaing Anda menawar kata kunci yang sama, jika Anda membayar lebih, iklan Anda akan ditayangkan lebih banyak.

Langkah 6: Tulis iklan Google Adwords

Menulis iklan Google Adwords adalah langkah paling penting, itu akan menentukan efektivitas iklan Anda. Maka Anda mencoba membuat iklan yang singkat dan menarik. Pesan Anda harus jelas dan menonjol dari pesaing Anda. Ini adalah cara untuk meyakinkan pengguna untuk mengklik iklan Anda dan mengunjungi situs web.

Langkah 7: Buat iklan

Setelah menyelesaikan langkah 7, klik “Simpan” dan lanjutkan untuk melakukan langkah terakhir. Di bagian akhir ini, Google Adwords akan bertanya tentang bisnis dan metode pembayaran Anda.

Selain Anda mempelajari cara menggunakan google Adword, kalian juga harus mempelajari banyak hal tentang dunia bisnis online. Karena itu kami menyarankan kalian mengikuti kursus bisnis digital bersama ABDI atau Akademi Bisnis Digital Indonesia. Yang disini kalian akan diberi bimbingan oleh mentor berpengalaman dan profesional yang akan mengajarkan cara beriklan yang efektif di Google Adword dan FB Ads loh. Kunjungi Nuordertech untuk mendapatkan inspirasi dari bisnisman yang sudah sukses.