Klasifikasi Singkong dan Ciri-Cirinya

 

 

Ketela pohon atau singkong adalah jenis tumbuhan perdu tahunan subtropika dan tropika yang mempunyai sumber karbohidrat tinggi. Bagian singkong yang mempunyai karbohidrat tinggi yaitu pada bagian umbinya. Bagian umbi ini mempunyai cadangan makanan yang yang sangat banyak. Kandungan kalori di bagian ubi kayu ini yaitu kisaran 121 kalori untuk setiap 100 gramnya. Ada baiknya jika Anda mengetahui klasifikasi singkong terlebih dahulu.

Klasifikasi Singkong dan Cirinya

Ada banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang terdapat pada singkong. Sehingga singkong dijadikan sebagai salah satu pengganti makanan pokok. Bahkan jika dibandingkan dengan nasi, singkong mempunyai manfaat yang jauh lebih diunggulkan. Hal ini dikarenakan berkat adanya kandungan protein, kalsium, vitamin B1, vitamin C, zat besi, fosfor, maupun lemak.

 

Akan tetapi untuk kandungan vitamin yang terdapat pada ubi kayu ini tergolong lebih sedikit karena kandungan proteinnya yang jauh lebih banyak. Berikut ini klasifikasi singkong yang harus Anda ketahui:

 

  • Kingdom: Plantae
  • Ordo: Euphorbiales
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Familia: Euphorbiaceae
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Genus: Manihot
  • Spesies: Manihot esculenta crantz

 

Setelah mengetahui klasifikasi dari tanaman yang mempunyai banyak manfaat tersebut, kini saatnya Anda mengetahui ciri khusus dari tanaman singkong, seperti berikut:

  1. Bagian Akar

Ciri pertama yang bisa dikenali yaitu pada bagian akarnya yang mempunyai perakaran serabut yaitu akar yang bisa berubah bentuk dikarenakan perbedaan fungsi asal. Untuk akarnya berwarna putih, kekuningan dengan panjang 30 cm. Sementara panjang rambut akar kisaran 50 cm.

 

  1. Bagian Batang

Ciri yang dimiliki singkong pada bagian batang yang mudah dikenali yaitu pada bagian permukaannya yang berwarna coklat. Sementara di bagian dalam berwarna putih kekuningan. Untuk diameternya kisaran 2 hingga 4 cm, bagian batangnya mempunyai ruas-ruas.

 

  1. Bagian DauN

Jika dilihat pada bagian daunnya, singkong mempunyai permukaan yang rata dengan tulang daun menjari, daun berbentuk lingkaran dan berwarna hijau. Untuk bagian tangkai daun mempunyai warna merah dengan ujung daun lancip.

 

  1. Bagian Bunga

Bunga pada tanaman singkong mempunyai ukuran yang tergolong sangatlah kecil dengan kelopak sebanyak 5 buah berwarna putih dan hijau. Ukuran kelopaknya jauh lebih besar dibandingkan dari ukuran bunga. Sementara bunga tidak mempunyai alat kelamin baik itu betina maupun jantan.

 

  1. Bagian Umbi

Diameter umbi singkong ini mempunyai ukuran kisaran  2 sampai 5 cm dengan panjang 20 sampai 60 cm. Bagian dagingnya mempunyai warna kekuning-kuningan atau putih. Bagian kulit berwarna coklat dan dagingnya memiliki getah.