Resep Membuat Cumi Crispy Yang Mudah dan Praktis

Seafood atau makanan laut memainkan peran yang sangat penting dalam menyediakan kalsium dan omega 3 bagi tubuh, terutama protein dalam makanan laut jauh lebih baik daripada protein dalam daging merah. Jadi makanan laut disarankan untuk makan minimal 2 kali seminggu.

Mengetahui hal itu, hari ini kami ingin berbagi cara membuat cumi crispy goreng yang renyah untuk ibu rumah tangga, agar dapat membantu keluarga makan makanan yang lebih enak dan menarik tetapi tetap memastikan nutrisi yang cukup untuk tubuh.

Berikut ini ada beberapa resep cumi crispy yang dapat kalian praktekan sendiri di dapur rumah yang resepnya kami kutip dari website cimacnoticias, sehingga bisa menyajikan makanan laut atau seafood yang enak dan bergizi untuk keluarga tercinta.

Resep Cumi Crispy Goreng Yang Enak Rasanya

Bahan persiapan

  • Cumi ½ Kg
  • Telur: 2 butir telur.
  • Tepung goreng krispy: 1 bungkus
  • Tepung goreng biasa : 1 bungkus
  • Jahe segar
  • Saus sambal, saus tomat, mayones
  • Bumbu: garam, bumbu penyedap rasa, lada, minyak goreng

Catatan dalam proses memasak

Harus membeli langsung di pasar ikan cumi segar, di supermarket bisa membeli cumi beku. Untuk membeli cumi segar pastikan Anda mengamati bahwa cumi memiliki mata yang jernih, ketika menekan badan cumi, badannya kuat dan elastis. Cara lain untuk memilih cumi-cumi segar adalah dengan memegangnya dan tentakel cumi akan menempel di tubuh.

Langkah-langkah membuat cumi-cumi crispy goreng

Cumi-cumi setelah dibeli buang bagian kepalanya, kemudian mencuci dengan air mengalir. Lalu geprek jahe dan masukan ke dalam mangkuk, tambahkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan air, lalu masukkan cumi selama 10 menit untuk menghilangkan bau amis dan membuat cumi lebih renyah setelah dimasak.

Potong cumi menjadi bentuk lingkaran yang cukup tebal, tiriskan air. Tambahkan 1 sendok teh lada, 1 sendok MSG, 1 sendok minyak goreng dan ½ sendok teh garam, aduk rata dan rendam selama 30 menit untuk membumbui cumi-cumi.

 

Siapkan 2 butir telur dan hanya diambil kuningnya, tambahkan sedikit garam dan kocok.

Tuang adonan tepung goreng krispi dan tepung goreng biasa ke piring berbeda, jadi siapkan 2 piring.

Setelah 30 menit Anda mengisi wajan dengan minyak goreng, gunakan wajan untuk memanaskan minyak. Sambil menunggu minyak panas, gulung cumi melalui adonan dalam urutan masukkan ke adonan kuning telur, adonan tepung biasa dan terakhir tepung goreng krispi.

Jika minyak sudah panas,masukan cumi satu per satu, ingat untuk membaliknya sesekali untuk mematangkan cumi secara merata di kedua sisi. Ketika lapisan luar matang, dan mengembang artinya cumi sudah matang.

Angkat cumi, tiriskan dan letakan di wadah yang dilapisi dengan kertas penyerap minyak. Setelah itu dipiring saji  meletakkan selada, tomat dan mentimun dan kemudian meletakkan potongan cumi-cumi goreng di tengahnya. Saat ingin dimakan bisa tambahkan saus pedas atau mayones.

Resep Cumi Crispy Goreng Renyah

Bahan persiapan :

  • Cumi-cumi
  • Tepung goreng
  • Telur ayam: jumlahnya tergantung pada jumlah cumi-cumi
  • Saus sambal atau saus tomat
  • Panci atau wajan
  • Bumbu: Garam, penyedap rasa, lada,

Cara Memasak Cumi Crispy Goreng Renyah

  1. Cumi dibersihkan kotorannya, dipotong dan kupas kulitnya. Gunakan pisau kecil untuk memotong secara diagonal di seluruh badan cumi agar nantinya bumbu bisa meresap dengan lebih baik jika ukuran cuminya kecil-kecil.
  2. Setelah diberiskan dan dipotong-potong, siapkan mangkuk lalu masukkan garam, bumbu penyedap rasa, dan lada atau merica. Cicipi rasanya dan masukan cumi kedalam bumbu ini.
  3. Setelah 15 menit, siapkan wajan, tambahkan sedikit minyak untuk menggoreng cumi. Sambil menunggu wajan panas, pisahkan kuning telur ayam dan kocok, celupkan potongan cumi ke tepung goreng, telur ayam dan tambahkan lapisan adonan tepung goreng crispynya. Jika minyak sudah panas masukan cumi-cumi yang sudah dilumuri adonan dan goreng sampai berwarna emas dan angkat.
  4. Biarkan cumi-cumi menyeluarkan minyak saat ditiriskan lalu letakkan di atas piring saji!

Resep Cumi Crispy Goreng Praktis

Bahan persiapan :

  • Cumi segar
  • Tepung crispy
  • Bawang putih: 3-4 siung
  • Mentega
  • Daun bawang
  • Bumbu masakan

Cara memasak cumi goreng mentega bawang putih

Langkah 1: Lakukan pemrosesan awal

Bersihkan cumi untuk menghilangkan bau lalu potong-potong. Masukkan bawang putih cincang, garam, msg dan sedikit lada ke dalam mangkuk cumi. Rendam sekitar 15 menit agar bumbu meyerap ke dalam cumi secara merata.

Tuang adonan tepung goreng ke dalam wadah dengan tutup, masukan cumi-cumi, tutup dan kocok secara merata agar potongan cumi menempel adonan tepung dengan erat.

Langkah 2: Lakukan penggorengan

Masukkan mentega dalam wajan untuk menggoreng cumi. Panaskan mentega sampai mencair, jika sudah masukan cumi satu persatu untuk digoreng sampai matang di kedua sisinya, sebelum diangkat masukan daun bawang cincang.

Itulah tadi 3 resep cumi crispy goreng tepung yang caranya sangat mudah dan praktis untuk dicoba di buat sendiri di rumah. Untuk rasanya pastinya tidak kalah dengan cumi crispy yang dijual di rumah makan ataupun restoran loh.