Minim Budget? Berikut Pilihan Usaha Modal Kecil Untung Besar

 

Membuka usaha memang memerlukan sokongan dana. Apapun jenis usahanya, peranan modal memang begitu penting meskipun bukan faktor penentu utama. Tidak semua bisnis mengharuskan Anda untuk menyediakan budget besar sebagai modal.

Beberapa pilihan usaha modal kecil untung besar ini dapat Anda jadikan referensi untuk dipilih. Usaha yang bisa Anda sasar bisa pada sektor jasa, jual-beli produk secara daring atau luring, dll. Berikut ini uraian selengkapnya untuk pilihan usaha modal kecil untung besar yang menarik dikerjakan.

Usaha Bidang Kuliner dan Jual Beli Produk

  1. Menjual Sarapan

Usaha modal kecil ini dapat dijalankan dengan modal kurang dari dari Rp 1 juta. Agar tidak menyewa tempat usaha, lokasi berjualan bisa di halaman rumah. Apabila lingkungan dinilai cukup prospketif, maka menjual sarapan adalah ide yang menarik.

Menu yang bisa Anda sediakan pun tidak terlalu ribet. Cukup menu rumahan seperti biasa. Tidak banyak orang yang sempat memasak sarapan. Terlebih di kota-kota besar sehingga ide bisnis ini cukup menjanjikan.

  1. Bisnis Makanan Ringan

Menjual makanan ringan memang terkesan remeh. Namun omzet yang bisa Anda dapatkan tidak bisa dikatakan main-main. Banyak contoh pengusaha yang sukses hanya dengan berjualan makanan ringan. Apabila modal awal belum cukup untuk produksi sendiri, Anda bisa bergabung menjadi reseller dulu.

Media jualannya pun saat ini sudah makin banyak. Selain secara offline, cobalah sasar pasar yang lebih luas dengan media sosial.

  1. Menjual Minuman Kekinian

Aneka minuman kekinian seperti boba drink, thai tea, alpukat kocok, dll begitu potensial untuk dilirik. Anda bisa menjadi bagian dari franchise merk minuman kekinian apabila belum mampu menciptakan produk sendiri. Usaha modal kecil ini bisa dijalankan dengan bujet mulai dari Rp 500 ribu.

Untuk lokasi berjualan, Anda bisa memilih area parkir minimarket, depan sekolahan, sekitar kampus, bahkan di lingkungan rumah. Pastikan baca ketentuan franchise-nya secara teliti sebelum memutuskan untuk bergabung.

  1. Jualan Pulsa Elektrik

Hanya bermodalkan deposit sekitar Rp 100 ribu dan ponsel, Anda bisa langsung bisa berjualan pulsa. Seperti halnya makanan, pulsa merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu dicari. Tidak perlu terburu-buru membuka konter yang besar.

Cobalah memulai berjualan dalam skala kecil terlebih dulu. Bangun brand Anda secara baik sebagai penjual pulsa. Kemudian iringi dengan mengembangkan usaha pulsa Anda ke ranah yang lebih luas.

Usaha Bidang Jasa

  1. Jasa hias hantaran dan souvernir

Bentuk hantaran dan mahar pernikahan semakin beragam tampilannya. Manfaatkan kreativitas Anda dengan membuka usaha jasa hias hantaran. Untuk mendapatkan tampilan hantaran dan mahar yang bagus, Anda dapat mencari referensi melalui internet. Jika memungkinkan, diiringi kursus membuat hantaran tentu akan lebih baik untuk kedepannya.

Selain jasa hias hantaran dan mahar, Anda bisa menyediakan souvernir pernikahan agar dapat mendulang untung berkali lipat. Usaha modal kecil ini pun mampu meraup omzet berlimpah. Terlebih jika musim pernikahan sudah datang.

  1. Jasa Pembuatan Banner dan Perangkat Marketing

Banner, pamflet, brosur, stiker, neon box, bahkan neon sign merupakan perangkat marketing yang akan selalu dicari para pengusaha. Tak ayal jenis jasa satu ini bisa dibilang tiada matinya. Terlebih variasinya semakin berkembang.

Salah satunya adalah jasa neon sign. Berbeda dengan neon box yang bentuknya monoton, neon sign merupakan opsi lain yang menawarkan beragam bentuk dan warna lampu. Jika Anda adalah pembuat perangkat marketing, jangan lewatkan untuk menawarkan jasa neon sign kepada pelanggan.

  1. Jasa Les Privat

Selain belajar di sekolah, para siswa juga memerlukan bimbingan belajar tambahan di luar. Jika Anda memiliki kemampuan akademis yang mumpuni, mampu mengajar dan menguasai materi sekolah, manfaatkan hal tersebut untuk membuka jasa les privat.

Opsi usaha les privat ada dua. Yakni dengan sistem franchise dari jasa les yang sudah ternama atau Anda membuka les privat sendiri. Semua tergantung kemampuan Anda serta kondisi lingkungan sekitar.

  1. Agen Pembayaran Listrik, PDAM, dll

Modal untuk membuka jasa pembayaran online ini hanyalah laptop/komputer dan internet saja. Cobalah bekerjasama dengan PLN agar Anda bisa menjadi salah satu agen resminya. Meskipun sebagian besar orang sudah bisa membayar semua tagihannya melalui rekening bank, namun masih banyak yang masih melunasi tagihannya secara manual.

Selain di perkotaan, jenis usaha ini juga cocok dibuka di kawasan pedesaan. Selain mendapatkan untung, Anda juga akan membantu memudahkan orang-orang dalam melunasi tagihannya.

Sekian untuk ulasan apa saja jenis usaha modal kecil yang menguntungkan ini. Semoga bermanfaat memberi inspirasi jenis usaha yang nantinya Anda buka.